Jumat, 06 September 2013

BJ Habibie

Mantan Presiden B.J. Habibie dikenal sebagai si jenius dan memiliki IQ tinggi. Banyak ibu-ibu bertanya kepada Habibie, bagaimana agar anak-anak mereka bisa secerdas dirinya atau apa yang dilakukan ibu Habibie ketika dirinya masih di dalam kandungan?

“Hahahah.... Banyak ibu-ibu yang bertanya begitu. Saya bilang, jangan tanya saya, tanya ibu saya, dong. Kan saya masih di dalam perut,” kata Habibie di kediamannya, Patra Kuningan, Rabu, 16 Januari 2013. Menurut Habibie, semua ilmu yang dimilikinya berasal dari sang Pencipta. “Itu semua kuasa Allah.”

Habibie hanya perlu waktu setahun kuliah di ITB Bandung. Ia kemudian belajar 10 tahun untuk meraih gelar doktor konstruksi pesawat terbang di Jerman dengan predikat summa cum laude. Habibie lalu bekerja di industri pesawat terbang terkemuka, MBB Gmbh Jerman.

Habibie kemudian memenuhi panggilan Presiden Soeharto ke Indonesia. Lelaki kelahiran Pare-Pare, 25 Juni 1936, ini penuh kontroversi dan merupakan sosok manusia paling multidimensional di Indonesia. Dia dikenal sebagai tokoh industri pesawat terbang kelas dunia. Ia meraih penghargaan bergengsi, seperti Theodhore van Karman Award dari International Council for Aeronautical Sciences) pada 1992.

Kontroversi lain mengenai Habibie pernah ditulis majalah Tempo pada tahun 1994, yakni pembelian kapal perang bekas Jerman Timur. Habibie kala itu merupakan Menteri Riset dan Teknologi. Pemuatan tulisan ini diduga sebagai pemicu Soeharto, melalui Menteri Penerangan Harmoko, kembali memberedel majalah Tempo dan dua media lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar