Kamis, 03 Mei 2012

Asam Folat berkontribusi dalam kecerdasan janin?. by hasnan habib kota depok


Hidup berkeluarga adalah hal yang sangat membahagiakan bagi setiap insan/orang karena berkeluarga kita banyak mengerti dan memaknai hidup ini serta menjalaninya dgn penuh tanggung jawab.
Dalam keluarga apabila seorang istri mengandung/hamil merupakan suatu berkah dari yang maha kuasa serta merupakan hal yang paling dinantikan setiap keluarga. Kebutuhan zat gizi pada masa kehamilan meningkat dikarenakan adanya janin dirahim ibu. Kurang gizi pada masa kehamilan bisa berdampak buruk bagi ibu dan janin, sehingga penting sekali memperhatikan intake gizi ibu hamil. Dan salah satu zat gizi yang penting selama masa kehamilan ini adalah asam folat.
Folat atau asam folat atau folasin adalah salah satu vitamin larut air. Folat biasa juga disebut sebagai vitamin B9. Vitamin ini merupakan bagian dari vitamin B komplek yang diperlukan untuk replikasi dan perkembangan sel, metabolisme asam amino, dan sintesis nukleat. Asam folat membantu pembentukan  DNA dan RNA, yang diperlukan untuk pembentukan sel baru.
Pada masa kehamilan, kekurangan folat bisa menyebabkan pertumbuhan janin terhambat yang berakibat berat lahir bayi yang rendah. Selain itu, kekurangan folat juga dapat menyebabkan cacat pada bayi berupa kecacatan tabung syaraf pada otak dan sumsum tulang belakang janin. Bahaya banget ya..!
Kekurangan folat juga meningkatkan resiko keguguran pada ibu hamil. Anemia pada ibu hamil juga bisa dikarenakan oleh kekurangan asam folat. Akibat lain dari kekurangan folat adalah gangguan metabolisme DNA. Akibatnya terjadi perubahan inti sel terutama sel yang cepat membelah seperti sel darah merah, sel darah putih, dll. Defisiensi folat juga dapat menghambat pertumbuhan, dapat berakibat  diare, mudah terkena infeksi, lidah merah dan licin, depresi, gangguan mental, lelah, dan pingsan. Ternyata kekurangan folat macam-macam ya dampaknya..
Sebenarnya folat banyak terdapat pada makanan sehari-hari seperti hati ayam, rumput laut kering, hati sapi, daging tanpa lemak, serealia utuh, ginjal, sayuran hijau, gandum, telur, ikan, kacang-kacangan, dan jeruk. Buah-buahan (kecuali jeruk) sedikit sekali mengandung folat.
Beberapa bahan makanan mengandung asam folat yang sangat tinggi seperti pada hati ayam yang kandungan folatnya mencapai 1128 mcg/100gr bahan. Namun perlu diketahui, sebanyak 50 sd 95% folat dari bahan makanan bisa hilang selama proses pengolahan dan panas berlebihan saat pemasakan. Folat juga mudah rusak karena sinar matahari. Selain itu, penyimpanan sayur pada suhu kamar juga dapat menyebabkan hilangnya asam folat pada bahan makanan. Didalam tubuh, penyerapan asam folat bisa terhambat oleh konsumsi minuman beralkohol.
Angka Kecukupan Gizi folat untuk dewasa adalah 400 mcg sehari. Sedangkan untuk Ibu hamil disarankan untuk mendapatkan tambahan 400 mcg asam folat sehari, terutama dari sejak pembuahan sampai enam minggu pertama kehamilan. Pada masa ini kebutuhan akan folat meningkat tajam. Tambahan folat berupa suplemen diperlukan dikarenakan kemungkinan intake asam folat dari makanan tidak mencukupi. Terutama pada ibu hamil yang susah makan, baik karena ngidam ataupun sebab lainnya.
So, jaga buah cinta anda. Penuhi kecukupan gizinya. Berikan yang terbaik untuknya. Bagi ibu hamil, ingatlah bahwa kita makan bukan hanya untuk kita sendiri, tapi juga untuk buah hati tersayang. Apa yang kita berikan hari ini, menentukan hari-harinya 10 atau 20 tahun mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar